Hyper Converged Infrastructure, “Primadona” di Dunia IT

Hyper Converged Infrastructure, “Primadona” di Dunia IT
Hyper Converged Infrastructure
Hyper Converged Infrastructure, “Primadona” di Dunia IT

Hyper Converged Infrastructure – Era digital saat ini masih banyak perusahaan memilki infrastruktur “jadul” yang sudah tidak cocok dengan perusahaan berbasis data. Saat ini perusahaan basis data membutuhkan infrastruktur yang lebih sederhana, user-friendly, biaya rendah dan memiliki tingkat proteksi data yang tinggi. Dari meningkatnya kebutuhan terhadap infrastruktur lahirlah sistem Hyper Converged Infrastructure (HCI) yang menjadi solusi tepat.

Sistem Hyper Converged Infrastructure ini mampu untuk mengintergrasikan sistem komputasi, networking dan penyimpanan menjadi satu kesatuan untuk dapat dikelola secara efisien diandingkan dengan membangun teknologi secara terpisah. Bahkan, di tahun 2020 diperkirakan sebanyak 20% dari aplikasi bisnis yang dikembangkan dengan  IT Infrastructure “jadul” akan bertransisi ke Hyper Converged Infrastructure.

Hyper Converged Integrated System (HCIS) telah menjadi satu dari empat kelas produk yang terlah terintegrasi ke dalam Integrated Infrastructure System (IIS), Integrated Stack System (ISS) dan Integrated Reference Architectures (IRA).

Baca juga:

Ambil satu kasus, ketika tim IT membaca laporan network diagram dan dibuat pusing, sudah menjadi tanda bahwa perusahaan harus bertransformasi dari IT Infrastructure yang “jadul” ke Hyper Converged Infrastructure. Berikut ada enam benefit dari HCI yang bisa mengintergrasikan compute, storage dan networking dalam one easy-to-use solution.

  1. Software-define storage, penyimpanan dalam Hyper converged infrastructure yang ditentukan oleh perangkat lunak. Node penyimpanan bertindak sebagai satu kumpulan penyimpanan yang sangat andal dan redundan. Jika satu node mengelami down, maka node yang lain tidak akan terpengaruh.
  2. Agility, pada Hyper converged infrastructure, semua beban kerja berada pada payung administrasi yang sama. Tentunya hal tersebut lebih mudah untuk memigrasi beban kerja dari satu lokasi ke lokasi lain.
  3. Scalability, Karena node-based architecture, Hyperconverged infrastructure sangat mudah untuk meningkatkan hyperconverged data center perusahaan. Cukup dengan menambahkan atau mengurangi node untuk mencocokkan permintaan dari sumber daya perusahaan.
  4. Data Protection, Hyperconverged memberikan perusahaan kemampuan untuk mengembalikan data yang hilang dengan mudah.
  5. Efisiensi biaya, Hyperconverged dirancang dengan salah satu tujuan efisiensi biaya untuk setiap departemen IT dalam melakukan pemeliharaan, dan biaya pendukung lainnya.

Bagi perusahaan yang sudah menerapkan Infrastruktur IT Hyper Converged Infrastructure dapat memberikan keunggulan, termasuk dari segi optimalisasi yang dapat menghemat kapasitas hingga 90%, fitur deduplikasi, fitur kompresi, dan meningkatkan skalabilitas. Hyper converged platform termasuk hypervisor for virtualized computing, software-defined storage, dan virtualized networking.

Hyperconverged Infrastructure berjanji akan memberikan solusi dengan mengedepankan konsep simplicity dan flexibility. Sistem penyimpanan yang mengintergasikan servers dan networking siwtches ini telah dirancang untuk dioperasikan dengan single system, maupun dengan seluruh aspek yang terkait dengan Hyper converged Infrastructure.

Keunggulan HCI lainnya adalah memudahkan perusahaan untuk meningkatkan kinerja, kapan pun tim IT akan melakukan upgrade maka sistem dengan cepat melakukan scale-up. Perubahan cepat ini akan membuat performa dalam proses bisnis lebih cepat mencapai target pasar.

Tidak hanya dalam performa bisnis, HCI juga dapat menghemat biaya pemeliharaan dan pengelolaan dibandingkan dengan infrastruktur “jadul”. Sehingga perusahaan dapat melakukan penghematan biaya dalam waktu jangka panjang, tentunya hal ini menjadi poin penting bagi para business owner dalam memilih sistem infrastruktur.

Selain bagi perusahaan, penggunaan HCI juga dapat diterapkan pada instansi pemerintah hingga industri kesehatan, dengan kelebihan yang dimiliki oleh HCI ini dirasa akan mengurangi kompleksitas sistem IT.

Biasanya dalam hal penggabungan komputasi, networking, storage, dan virtualisasi instansi atau industri bekerjasama dengan beberapa vendor yang berbeda, tetapi dengan menggunakan HCI bisa menjadi solusi dalam meminimalisir jumlah vendor yang terlibat.

Salah satu penyedia sistem Hyperconverged yang terkemuka di dunia adalah Hewlett Packard Enterprise (HPE) dengan pengalaman dalam menciptakan inovasi lebih dari 75 tahun dengan menawarkan produk, solusi,  layanan IT, teknologi  di seluruh dunia. HPE merupakan perusahaan teknologi informasi multinasional Amerika yang berlokasi di Palo Alto, California.

Untuk Indonesia PT Berca Hardayaperkasa (BHp) dipercaya menjadi partner dari HPE dalam memberikan pengalaman terbaik bagi para customers. BHp telah menjadi salah satu penyedia Enterprise Information & Communication Technology (IT), Telecommunication Measurement & Infrastructure, Network Service Provider dan Test & Measurement (T&M) di Indonesia. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan diraihnya satu penghargaan bergengsi dari Hewlett Packard Enterprise sebagai HPE Seath Partner of The Year pada tahun 2016 di Boston, AS.

prev
next